WINNER Interview for Nylon Magazine April Issue

Q: Bagaimana kalian menghabiskan waktu kalian selama hiatus, setelah album pertama kalian rilis?
Yoon: kami menghabiskan waktu dengan mencoba membuat lagu-lagu yang bagus. aku secara personal banyak memikirkan tentang bagaimana kami akan tampil di atas panggung.
Nam: Kami sering ditanyai, “apakah kalian ga cemas karena hiatus kalian terlalu lama?” tapi aku sebenarnya menyelesaikan kecemasanku dengan mengerjakan musik. Aku menghabiskan waktu dengan memikirkan tentang mengerjakan musik sebagai jalan keluar daripada capek karena terbebani.
Jinu: Secara mental lebih sulit menemukan hal-hal untuk dilakukan selama hiatus dibandingkan dengan menghadapi jadwal yang sibuk ketika kami promosi. Aku secara pribadi menghabiskan waktu dengan fokus pada pengembangan skill untuk mengatasi hal itu.
Mino: Seperti yang kalian ketahui, aku menghabiskan banyak waktuku dengan tampil di SMTM4. Setelah itu, kami ada promosi di Jepang (Japan Tour) dan aku mengerjakan solo musik juga album WINNER. Aku rasa aku menghabiskan waktut dengan sibuk.
Hoon: Aku mengikuti ungkapan “1 hati, 1 tujuan” (menyatukan semua pemikiran untuk 1 tujuan) dan menonton SMTM4 juga mensupport Mino. Seperti yang Mino katakan, tidak perlu dikatakan lagi bahwa kami bekerja membuat musik tapi kami punya banyak jadwal di Jepang jadi kami belajar bahasa Jepang.

165990_984430531648684_2544553013892255008_n
Enter a caption

Q: Aku dengar bahwa kau memiliki waktu yang menyenangkan selama membuat salah satu dari double title track, “Sentimental”, karena kau minum bir dan have fun.
Nam: Kami hanya memasukkan lagu-lagu yang kami buat dengan nyaman dan lancar di album ini. “Baby Baby” sedikit berbeda, bukan karena aku kesulitan membuatnya, tapi karena aku membuatnya selama waktu yang sulit, aku punya rasa sayang tersendiri terhadap lagu ini.
Jinu: ada sebuah lagu yang aku nyanyikan yang membuatku tenggelam dengan sangat mudah ke dalam emosi tapi lagu itu ga dimasukkan ke album ini. Haha. Kita lihat nanti apakah kami akan memperdengarkan lagu itu kepada orang-orang.

Q: Setiap kali kalian mengombrol sembari membuat album ini, adakah topik atau subjek yang kalian sering obrolkan?
Mino: pertama-tama, itu adalah “kapan dirilisnya?”. Kami bertanya-tanya mengenai hal-hal yang lain juga tapi aku pikir kami mengerjakan album ini sembari sangat penasaran tentang kapan album ini bakal dirilis. Selama kami bertanya-tanya tentang hal itu, kami mengerjakan album dan membuat pertukaran musikal seperti kami tanya ke satu sama lain, “bisakah seseorang menulis part ini? maukah kamu menulisnya?”

Q: Mino dan SeungHoon, ketika kalian menulis lirik rap kalian, apakah kalian biasanya menulis berdasarkan pengalaman atau imaginasi?
Hoon: sebenarnya, aku mudah lupa sama pengalaman-pengalamanku. Contohnya, ketika aku nge-date sama seseorang, aku jatuh ke dalam emosi pada saat itu dan melupakan hal-hal yang aku cintai. Itulah kenapa aku mendapat inspirasi-inspirasi dari hal-hal yang aku lihat atau dengar seperti buku-buku atau tulisan yang aku baru-baru ini baca, gambar-gambar atau komersial yang aku baru-baru ini aku lihat. Aku pikir aku menambahkan pemikiran-pemikiranku kedalam inspirasi itu.
Mino: Di album pertama kami, banyak hal yang aku tulis lewat imaginasi tapi kali ini, aku menggunakan pengalamanku. Sebagai contoh “Sentimental”, di lagu ini ada lirik “I only stare at the ceiling” (hanya menatap ke langit-langit). Ketika aku mengerjakan album ini, aku mengerjakan musik tiap malam tapi pekerjaanku tetap ga terselesaikan, aku menjadi sentimental dan aku hanya menatap ke langit-langit. Jadi aku pikir situasi itu tergambarkan dengan baik di lagu itu.

12832387_493149147535845_969166208638110342_n.jpg

Q: Bagaimana para vokalis (Jinwoo, SeungYoon, taehyun) rasakan tentang suara dari masing-masing kalian?
Nam: Aku biasanya bernyanyi dengan suara soft tapi aku envy sama suara kuat SeungYoon hyung karena itu memiliki pesona tersendiri yang aku tidak miliki. Akhir-akhir ini, aku terkadang melatih teknik dimana aku bernyanyi dengan cara yang berbeda. Aku pikir aku akan bisa menunjukkan kepada orang-orang sisi lain dari nyanyianku di album kami selanjutnya.
Yoon: Aku sangat menyukai suara nyanyi Jinwoo hyung. Dan aku pikir cara soft Taehyun dalam bernyanyi, dimana dia sangat menyadarinya, menarik. Aku pikir kami menstimulasi satu sama lain. Walaupun kami mungkin envy sama suara satu sama lain, kami mencoba untuk menemukan aspek-aspek yang berbeda dari suara kami sendiri yang kami sukai juga.

Q: Video-video YGartis lain yang mengcover lagu “Sentimental” mendapat perhatian besar. Bila kau punya kesempatan, lagu artis mana yang ingin kamu cover dan artis mana yang ingin kamu ajak kolaborasi bareng?
Yoon: pertama-tama, aku pikir video cover Yoo ByungJae hyung adalah yang paling berpengaruh. Versi Epik High Hyung adalah yang paling adiktif. Mengenai kolaborasi, ada banyak artis next generation, jadi aku punya banyak artis yang aku ingin ajak kerja bareng seperti Hyukoh band, Zion T, Crush dan Dean.
Hoon: Aku ingin berkolaborasi dengan Director Teddy (dia memanggilnya Director karena Teddy adalah member Direksi). Aku ingin bekerja dengannya karena dia adalah produser perwakilan dari YG dan dia sudah menulis banyak sekali lagu-lagu hit.
Nam: aku sangat suka menyanyikan lagu-lagu dari artis-artis lain ketika aku pergi ke karaoke. Aku ingin meremake sebuah lagu dari Kim KwangSuk sunbaenim atau dari penyanyi senior lainnya. dan bila aku menerima kesempatan, aku secara personal ingin mencari seorang musisi yang popular di Hongdae dan membentuk sebuah band. Aku sedang dalam pencarian musik yang mencerminkan warnaku.
Mino: Aku ingin kolaborasi dengan Code Kunst, yang berada dinaungan HIGHGRND

1239692_493148754202551_743945535813059275_n
WINNER x Nylon April 2016

Q: Apakah ada hal-hal yang menjadi obsesimu walaupun jadwalmu padat?
Yoon: Aku rasa kita semua main instagram akhir-akhir ini? aku sedikit realistis tapi akhir-akhir ini, tenggorokanku bengkak bahkan bila aku hanya sedikit stress jadi aku belum aktif secara fisik. Aku lebih banyak fokus dalam kesembuhanku sebelum konser kami nanti.
Jinu: Seunghoon bicara tentang ini secara berlebihan di siaran radio tapi aku menonton film “Veteran” berkali-kali di kamar mandi karena aku ga ada kerjaan di dalam sana. Aku terobsesi dengan drama “Signal” akhir-akhir ini dan aku sedih bahwa drama itu akan segera berakhir.
Nam: Jinwoo hyung adalah tipe orang yang akan ketagihan bila dia benar-benar suka sesuatu. Tipe orang-orang seperti ini selalu sukses. Tapi hyung selalu terobsesi dengan snack daripada hal-hal bagus lainnya. haha.
Mino: aku selalu mnembaca puisi dan aku jarang membaca novel. Dalam beberapa hal, novel adalah lagu pengantar tidur bagiku. Tetapi ketika aku membaca, “The 100-Year-Old-man Who Climbed Out The Window and Disappeared” dan buku itu sangat bagus. Aku merasa aku datang ke realisasi yang besar dimana aku menemukan sebuah dunia yang berbeda dan besar dari buku, jadi itu benar-benar sangat menyegarkan.
Nam: Suatu hari, aku di Dongmyo karena ada syuting dan aku menemukan sebuak toko audio tua di ujung gang. Aku membeli sebuah turntable disana yang aku sukai dan aku juga membeli amp serta komponen lain untuk menghubungkan dan memperbaikinya. Aku menyadari bahwa aku menghabiskan uang lebih untuk benda-benda (komponen) itu dibandingkan turntable. Anyway, aku tentu saja mengoleksi banyak LPs dan aku terobsesi dengan musik Bob Marley akhir-akhir ini. Aku memikirkan bagaimana pergi ke restaurant haha Sunbaenim untuk membicarakan tentang reggae selama makan barbeque nanti.
Hoon: Aku penonton “Boni Hani” yang passionate jadi kami bisa mengumpulkan fans dari berbagai usia. ~Pick me, pick me, pick me up~. Aku menonton “Produce 101” setiap minggu karena aku adalah bagian dari industri entertainment dan karena persoalan dari program audisi seperti ini adalah pusat perhatian.

Q: Variety show apa yang kalian ingin lakukan sebagai 5 member?
Mino: aku rasa Running Man terdengar bagus.
Hoon: berhenti ngomongin Running Man. Mereka bahkan ga mengundang kami. Sejujurnya, aku ingin sekali pergi ke acara itu jadi kami membicarakan tentang hal itu di 5-6 kesempatan yang berbeda. Sekarang aku malu untuk menyebutnya. haha.
Mino: Aku suka “Take Care of My Refrigerator” too
Yoon: Akhir-akhir ini, diantara kami berlima, kami bicara tentang keinginan untuk menjadi bagian dalam sebuah program seperti “Youth Over Flowers”. Aku pikir itu akan menjadi hal yang menyenangkan bila kami pergi ke sebuah negara yang ga menggunakan bahasa Inggris. kami akan menggunakan tangan dan kaki kami untuk berkomunikasi dengan orang-orang lokal di sana.
Nam: Seunghoon hyung mungkin kelangsungan hidup adalah yang terkuat di antara kami. Hyung ini kemungkinan akan survive bahkan bila kamu menaruhnya di pulau terpencil.

Q: apa kalian mempersiapkan surprise event untuk konser tour kalian yang akan dimulai tanggal 12?
Yoon: kami menarikan koreografi yang tajam yang belum pernah dilihat sebelumnya?
Nam: Bicara sejujurnya, bahkan bila kami bilang itu “tajam” itu ga akan tajam. haha. Tapi kami masih latihan koreografi setiap hari tanpa gagal.
jinu: Tentu saja kami akan membawakan lagu kami sendiri. Anda menyakan tentang cover sebelumnya, kami mempersiapkan panggung dimana kami akan menyanyikan lagu-lagu orang lain juga.
Hoon: Lee Hayi akan menjadi guest. Ini belum diumumkan secara official. Fans Lee Hayi please datang. (interview ini sekitar seminggu sebelum Berita Hayi bakal jadi Guest dirilis).
Mino: kami mengatur kembali format stage kami yang biasa. Kami mencoba yang terbaik untuk membuat semuanya sedetail mungkin dengan kualitas yang tinggi tapi hal ini konteksnya sama dengan “koreografi yang tajam”, kan? haha.

Q: Aku dengar bahwa “EXIT MOVEMENT” adalah project panjang setahun. Kalian punya rencana-rencana untuk hal-hal lain selain album dan konser, kan?
Jinwoo: kami memiliki rencana untuk sebuah tour tapi karena Album “E” ini adalah yang pertama keluar dari EXIT, keinginan terbesarku untuk album-album selanjutnya (X,I,T) dirilis tanpa ada penundaan dan selama tahun ini.
Yoon: Kami semua akan bekerja keras di peran kami masing-masing jadi WINNER dapat lebih bersinar. Bila aku serakah, aku ingin memasukkan salah satu dari lagu-lagu soloku di salah satu album nanti atau mempersiapkan foundasi untuk sebuah album solo.
Nam: Setiap kali aku membuat lagu, aku menjadi berkonflik. Aku mikir tentang apakah aku harus membuat sebuah lagu yang akan aku sukai atau apakah aku harus membuat lagu yang akan orang lain sukai.
Hoon: Aku ingin melihat hal-hal lain yang mungkin aku punya potensi selain di musik. Sebagai contoh, menata bunga. orang bisa menaruh bunga di vas tapi orang bisa menaruh bunga juga di telinganya. Kau menyadari bahwa aku setengah bercanda, kan? Aku harap semua member sering sehat dan bahagia.
Mino: Aku juga mengerjakan solo musik kapanpun aku sempat. Aku belum menunjukkan kemampuan pribadiku setelah SMTM4 berakhir. Ketika WINNER promosi sebagai 5 member, aku tentu saja akan menuangkan semua yang aku punya ke WINNER. Aku sedang mempersiapkan senjataku dengan peluru jadi aku bisa langsung berangkat dengan mantap begitu kesempatan (buat solo) muncul.

Eng Trans by: chrissy96

Indo Trans by: Nissa

Leave a Reply

