Interview Song Minho for ELLE Korea April Issue 2016

Q: Kamu baru balik dari Cina hari ini, kan? Aku dengar kamu akan tampil di variety show China yang terkenal, “Happy Camp”
Aku sangat cemas tampil di acara variety show di tempat yang aku tidak mengerti secara penuh bahasanya tapi itu berjalan menyenangkan. Nampaknya, acara itu adalah acara yang hanya orang-orang yang benar-benar terkenal di Cina yang tampil. Aku buru-buru menanyakan beberapa kata kepada para staff dan mempelajarinya di hari sebelum syuting. Aku pikir aku sudah melakukan lebih baik daripada yang aku harapkan. Aku bahkan menerima pujian.

Q: WINNER merilis album baru “EXIT:E” setelah 1,5 tahun. Bagaimana rasanya mempromosikan album baru setelah begitu lama?
Kami sangat sibuk sampai pada titik dimana kami hampir tidak punya waktu untuk tidur tapi kami masih menikmatinya. Ketika kami menggelar event Fansigning, aku sering menerima komen-komen yang sangat tulus dari fans kami. Setiap kali seorang fan menceritakan bahwa lagu-lagu yang aku buat membantu mereka mengatasi waktu-waktu yang sulit, aku sangat bersyukur dan menjadi lebih kuat.

a.jpg
Q: Kau tampil di “SMTM 4” selama hiatus. Selama acara tersebut berlangsung, kau adalah pusat perhatiannya. Apa kau mendapatkan sesuatu sebanyak perjuangan yang kamu hadapi?
Tentu saja. Itu adalah pengalaman yang sangat memuaskan dan bagus. Awalnya aku bertanya-tanya apakah aku bisa melakukannya dengan baik dan bila aku cuma dapat kerugian dan aku cemas terhadap banyak hal-hal berbeda. Sejujurnya, itu sangat melelahkan. tapi melihat ke belakang, aku pikir waktu-waktu dimana aku menemukan kesulitan sekarang menjadi kenangan yang bermakna. Dan aku terkadang merasa bahwa aku menjadi lebih dewasa setelah melalu pengalaman-pengalaman tersebut.

Q: Apa kamu ga menginginkan panggung dimana kamu berdiri sebagai Rapper Song Mino ?
akan jadi sebuah kebohongan kalau aku bilang aku ga serakah soal itu. aku melakukan yang terbaik untuk mencapai harmony group dimana aku berdiri di panggung sebagai WINNER, namun, aku harap aku menerima kesempatan untuk menunjukkan semua hal tentang diriku sebagai seorang artis solo suatu hari nanti. Karena aku mengerjakan lagu-lagu group, aku juga mengerjakan lagu-lagu solo. Bila CEO Yang memberikanku kesempatan itu, peluruku sudah siap.

Q: Kau terlihat sebagai “Pria yang paling Manly” di group tapi ada waktu-waktu dimana kau “usil” di belakang layar.
Aku banyak bercanda. Aku sering bercanda tapi seiring aku semakin dewasa aku menjadi sensitif dan tidak banyak bicara. Tapi dimanapun aku lagi bermood bagus, aku menjadi bergembira tanpa batas dan banyak melompat-lompat. Aku tipe orang yang positif di situasi apapun yang aku hadapi. Bila aku terjatuh depresi hanya karena aku lelah, itu hanya akan membuatku menderita dan aku ga akan bisa membuat kemajuan,.

Q: Aku dengar bahwa kau sangat mudah bergaul. orang-orang seperti apa yang kamu enjoy menghabiskan waktut bersama mereka?
Aku sangat yakin tentang ini: Orang-orang yang menyenangkan! Ketika aku melihat orang-orang terdekatku, mereka adalah orang-orang yang menyenangkan. Aku suka orang-orang yang menyenangkan, lucu dan memiliki individualitas yang unik. aku mencintai orang-orang yang sengklek.

Q: Bagaimana dengan Nam Taehyun, orang yang photoshoot bersamamu ini? Apa kalian berdua berteman dengan baik?
Ya, aku pikir “chemistry” kami baik. Dari semua member, aku pikir dia dan aku memiliki pertukaran energetik. kami kadang minum (alkohol) bersama di dorm. Taehyun sangat sulit dipahami. Dia kadang seperti seorang anak laki-laki. Jadi aku mengawasinya seperti orangtua. Kapan saja dia terlihat seperti akan jatuh ketika bermain, aku menahannya.

c.jpg

Q: “Pricked” adalah sebuah lagu yang dicompose dan liriknya ditulis oleh Song Mino dan Nam Taehyun menyanyikannya. Aku merasa lagu ini adalah lagu yang paling emosional di album.
Aku membuat lagu originalnya yang berjudul “Mad Man” selama WIN, tapi selama aku mengerjakan album kami, aku membukanya, menghapus semuanya dan menulisnya lagi. pada waktu itu, aku sedikit murung jadi aku mencoba untuk mengekspresikan kemurunganku sedalam mungkin dan juga lewat lirik. Aku bahkan mematikan lampu dan mengerjakan itu untuk fokus dengan emosinya. setelah aku menyelesaikannya, aku memperdengarkan lagu itu ke Taehyun karena aku rasa suaranya akan cocok dan dia sangat menyukai lagu itu. Dia langsung rekaman dan suaranya memang cocok dengan lagu itu, seperti yang diharapkan.

Q: Kau bahkan menggambar sendiri album art untuk “Pricked”. Kau punya banyak ketertarikan di Seni, bukankah begitu?
Aku menyukai melihat lukisan dan menggambar. ketika aku masih muda, ketika yang lain belajar, aku nge-doodle di mejaku dan bahkan setelah aku menjadi WINNER, aku secara gigih melanjutkan menggambar. Baru-baru ini aku melihat artwork dari artist Korea Jang YoungWon di galeri seni di Kyungi-do dan aku melihatnya fresh. Dia biasanya melakukan karya seni kolase tapi dia memiliki Instalasi pameran seni.

Q: Apa kau punya hobi-hobi baru atau adakah yang membuatmu tertarik akhir-akhir ini?
Sampai beberapa waktu yang lalu, aku bisa menghitung berapa banyak buku-buku yang aku baca dengan 1 tangan tapi aku aku terjatuh di dunia baru dengan membaca. Aku pergi ke toko buku di awal tahun dan aku membeli Higashino Keiogo “The Murder in Mansion Masquerade” dan aku sangat menikmatinya. Setelah itu aku mengambil buku berjudul “The 100 Year old Man Who Climbed Out Of The Window and Disappeared”, yang mana merupakan pemberian dari seorang fan, dan aku dengan serius merasa seperti aku mengalami dunia baru. Aku menemukan bahwa membaca novel memiliki daya tarik tersendiri daripada menonton film dan menggambar. Aku menemukan variasi dari kalimat-kalimat ekspresif sangat menyegarkan. Aku berencana untuk membaca lebih banyak buku. Aku menulis di jurnalku setiap hari juga, aku merasa aku kehilangan banyak hal yang penting karena aku memiliki memori yang buruk.

Q: Bagaimana rasanya hidup sebagai seorang penyanyi di bawah naungan YG Entertainment? aku pikir akan terasa seperti berada di dalam pagar perusahaan tapi juga di medan pertempuran diantara artis-artis bertalenta.
Sangat kompetitif. Khususnya karena hampir semua artis menulis musik mereka sendiri, itu tidak dapat membantu tapi waspada terhadap satu sama lain. Namun, kebanggaan dan arti dari menjadi bagian dari YG sangat kuat. Ketika aku masih SMA, aku adalah trainee di perusahaan kecil dan sekarang aku debut dan promosi sebagai WINNER di bawah naungan YG, jadi banyak hal telah mengubah hidupku.

b.jpg

Q: Bahkan bila kau mengatakan bahwa ini adalah mimpimu untuk hidup di kehidupan dimana kamu membuat musik dan bersaing melalui musik, apa kamu merasa terbebani?
Ketika aku masih muda, aku menyukai (ide) itu jadi aku menghadapi semua musik yang aku lihat sebagai “karya” jadi ada waktu-waktu sekarang dimana aku merasa menyesal. Ketika aku banyak berjuang selama mempersiapkan album dan ketika aku tampil di SMTM 4, aku menemukan bahwa diriku tidak mendengarkan musik-musik yang terkait pada waktu itu. Tapi hal tersebut tidak berlangsung lama. Aku menyukai musik dan aku akan memikirkan musik sebagai karyaku sampai aku mati. Ada banyak hal yang aku belum capai sebagai seorang member WINNER. Aku ingin mengalami lebih banyak hal dari sekarang dan aku ingin menerima lebih banyak perhatian dan cinta. Aku rasa member-member yang lain akan memikirkan hal yang sama. Kami semua adalah gabungan ambisi.

Q: Aku dengar WINNER akan tampil di Variety show terbaru JTBC “Half-Moon Friend” yang episode pertamanya di bulan April. Dapatkah kamu menceritakan detailnya?
Kami WINNER member akan menjadi guru taman kanak-kanak ke anak-anak yang biasanya menghabiskan hari-hari mereka sendirian. Aku ga punya banyak pengalaman menghabiskan waktu dengan bayi dan anak-anak tapi aku sangat menyukai anak kecil jadi aku pikir aku akan bisa melakukan apapun dengan mereka. Aku akan membuat kenangan bersama mereka yang tidak aka terlupakan untuk kami semua dan aku pikir aku akan menerima banyak hal juga dari anak-anak.

Eng Trans by: chrissy96

Indo Trans by: Nissa

Leave a Reply

