Interview Nam Taehyun for ELLE Korea April Issue 2016

Q: Tracklist album terisi dengan nama-nama para member tapi namamu tertulis paling banyak. Sepertinya kamu bekerja keras membuat musik (selama hiatus)
Itu bukan niatku memasukkan sebanyak mungkin laguku di album. Bila aku menyukai menggambar, aku adalah tipe orang yang puas hanya setelah menggambar menggunakan tanganku sendiri. Aku suka mendengarkan musik jadi aku mulai menulis musik dan karena aku menikmati dan bersenang-senang dalam membuat musik, aku akhirnya membuat banyak musik. Aku menikmati sharing musik yang aku buat dengan keluarga dan teman-temanku tapi memiliki lagu-laguku yang naik dan turun di musik chart dan memiliki banyak pendengar membuatku gembira yang amat sangat dan bersyukur.

Q: aku dengar kamu membuat title track “Sentimental” selama bermain dengan Song Mino.
Seperti biasa, aku mengerjakannya sembari bermain gitar dan karena member lainnya sudah pulang ke rumah, aku merasa kesepian dengan Mino-Hyung. Saat itu sudah malam banget jadi kami minum beer dan bicara tentang ini dan itu. Kami mulai membicarakan tentang menjadi “Sentimental”. Aku sering menemukan inspirasi dalam kata-kata. Aku tiba-tiba menjadi tertarik dengan kata “Sentimental”. Aku menulis lagu dengan emosi yang kami rasakan saat itu sebagai fondasinya.

a.jpg

Q: Apa kamu sering merasa “Sentimental”?
Ya, aku sering merasa begitu. Karena aku lebih menikmati kesendirian daripada berada di tempat yang keras dan bising dengan banyak orang, aku pikir aku sering sentimental atau seing terbendam dalam emosi.

Q: Apa yang kamu lakukan saat kamu sendirian?
Aku biasanya mendengarkan musik. Karena aku lebih ke tipe yang analog, aku seringkali mendengarkan musik di LPs (Long Playing). Baru-baru ini, seorang fans menghadiajhi ku sebuah LP album Kim Kwangsuk Sunbaenim. Aku tahu sangat sulit memperolehnya jadi aku sangat merasa berterimakasih. Di hari lainnya, aku berada di Dongmyo karena lagi syuting dan aku menemukan toko audio yang di ambang keruntuhan di gang terpencil, jauh dari orang-orang. Atmosfernya terasa sangat mistik. Aku membeli turntable di sana dan karena itu sudah sangat tua, aku membayar lebih untuk membenarkannya. Karena Amp dan interlocker yang aku punya sudah tidak berfungsi, aku pergi berbelanja komponen-komponennya, aku baru saja selesai mengaturnya. Teramakasih untuk semua yang terjadi, aku sangat menikmati mendengarkan musik.

Q: Aku melihat kau membawa portable speaker dan bermain musik selama photoshoot.
Aku selalu membawa speaker portableku untuk photoshoot. Aku menemukan bawa ketika musik yang aku sukai dimainkan selama photoshoot, aku menjadi lebih nyaman dan aku menjadi lebih fun. Hari ini aku memainkan The Beatles, musik country, musik blues dan lagu-lagu dengan style seperti itu. Aku banyak mendengarkan genre-genre musik seperti itu akhir-akhir ini.

Q: Kau akhir-akhir ini tampil di “Actor School”. Bukankan guru yang terlihat seperti macan itu menakutkan?
Apa kau sedang bicara tentang guru Park Shinyang (ketawa)? Itu sedikit berbeda dari menakutkan. Dia tidak berteriak ataupun membentak. Dia sangat perfeksionis. Dia membuatmu memilih kata-katamu secara hati-hati. Aku suka bahwa kami ga harus memaksa diri kami untuk tertawa karena ini adalah variety show. Aku sangat buruk dalam hal memaksa diri sendiri tertawa.

b.jpg

Q: Karena kau memiliki pengalaman dalam sebuah kontroversi akting sebelumnya, kamu mesti memiliki keberanian tersendiri untuk memilih tampil di acara itu.
Ketika aku menerima informasi tentang acara itu, aku menyukai tujuannya. dan aku pikir ini adalah kesempatan yang aku perlukan. Ketikan aku diterjang “kontroversi”, aku tenggelam dalam pemikiran-pemikiran tapi diatas segalanya, aku merasa sangat malu bahwa aku mengambil part di drama ketika aku ga sepenuhnya siap. Aku ingin belajar sebagaimana mestinya jadi aku mengikuti “Actor School” dengan hati yang bersungguh-sungguh. Aku yakin bahwa acara itu akan menjadi salah satu kesempatan belajar yang paling penting dalam hidupku.

Q: Aku terkejut ketika kau secara personal membawa lensa berwarna setelah melihat draft proposal. Aku merasa sepertinya kau adalah orang yang penuh semangat.
Aku suka mencoba berbagai hal. Mungkin ini kekerasan? keteguhan hati? ketika orang-orang bilang “aku pikir ini ga akan bekerja dengan baik” atau “ini ga aman, aku ga akan melakukannya”. Aku melakukan semuanya. Secara natural, aku takut tapi ga ada yang tau apa yang akan terjadi di akhirnya. Aku ingin menciptakan ruang sebanyak mungkin yang aku bisa. Aku pikir untuk orang-orang seperti kami yang melakukan pekerjaan ini, kami ga seharusnya membatasi diri kami.

Q: Dimana mentalitas menyambut tantangan itu berasal?
Aku pikir itu biasanya karena lingkungan dimana aku tumbuh. Semenjak aku masih muda, aku menghabiskan banyak waktuku sendirian dan aku menyukai hal-hal yang berbeda dibandingkan dengan anak-anak seumuranku. Ketika aku masih di SD, teman-temanku menyukai manga dan robot tapi aku sangat menyukai subway. Aku menyukainya karena ketika aku pergi ke sebuah stasiun yang berbeda dan sebuah exit yang berbeda, aku melihat sebuah dunia yang berbeda dari yang aku ketahui. Aku biasanya naik bis sendirian dan berhenti di pemberhentian akhir. Aku ga menjebak diriku di dalam batas yang biasa, melainkan aku membuat itu sebuah kebiasaan untuk menyerap dan menerima hal-hal yang berbeda. Karena hal itu, aku pikir aku memiliki berbagai perasaan kebahagiaan dibandingkan orang-orang lainnya.

Q: Apakah kombinasi dari Song Mino dan Nam Taehyun diharuskan di WINNER?
Dimana ada gelap, disitu ada terang. Aku pikir kami adalah kombinasi seperti itu. Mino hyung dan aku mememiliki banyak aspek yang yang berbeda. Bila kamu pikir aku sebagai seorang introvert, Mino hyung adalah seorang extrovert. Bahkan bila kau melihat penampilan kamim bila kamu melihatku memiliki image yang soft (lembut), garis wajah Mino hyung tebal. Ketika kami bernyanyi, suara hyung rendah sementara aku sering menggunakan soft tone. Dengan cara seperti itu, aku pikir kami saling melengkapi satu sama lain. Dan walaupun Mino hyung terlihat manly, dia sebenarnya sangat cute. Dia adalah orang dengan banyak pembalikan.

c.jpg

Q: Teamwork kelima member tentunya meningkat seiring dengan banyaknya waktu yang kalian habiskan bersama.
Karena masing-masing kami memiliki kecenderungan yang berbeda-beda, ketika kami pertama dikumpulkan, kami retak dan hampir gagal, tapi sekarang, kami membawa daya tarik kami masing-masing dan menjadi harmonis bersama-sama. Ketika aku membawa lagu yang aku buat ke mereka, bahkan jika itu mungkin sebuah lagu yang kurang, para member menenggelamkan diri mereka ke dalamnya dengan penuh semangat. Aku ingin WINNER menjadi sebuah group yang menciptakan musik yang tulus dibanding menjadi group yang hanya mengikuti trend. Dan aku harap orang-orang mengakuinya suatu saat nanti. Aku berharap kami menjadi sebuah group yang berjalan dengan perlahan-lahan dan terus-menerus.

Q: Apa tujuan personal Nam Taehyun?
Untuk jangka panjang, aku harap aku tidak kehilangan dorongan dan gairah yang aku miliki sekarang. Aku masih melihatnya sebagai suatu aib dan memalukan untuk mengatakan bahwa aku adalah seorang penyanyi dan seorang idol dengan mulutku sendiri. Aku ingin menjadi seorang artis yang diakui dan dikenal oleh yang lainnya tanpa aku harus memberitahukan mereka. Aku rasa itulah tujuanku.

Q:Seperti “Empty” dan “Sentimental”, bagaimana kau mengekspresikan emosimu saat ini dengan 1 kata?
Lelah (ketawa)

Q: Kapan terakhir kali kau mengatakan “i Love you”?
Sudah lama sejak aku mengatakan itu. Aku harap aku masuk ke dalam situasi dimana aku bisa mengatakannya!

Eng trans by Chrissy96

Indo trans by Nissa

Leave a Reply

