Cara menganalisis suatu bacaan sosum

Well, melihat forum kritik dan saran yang kemarin, ada yang minta diajarin cara menganalisis bacaan. Sebenarnya cara tiap orang itu beda-beda (tergantung kemampuan orangnya), tapi tips yang bisa aku kasih ke kamu sih……

1.       Kamu harus paham dengan konsep dasar teori dari apa yang mau di analisis.

2.       Sebelum baca artikelnya, baca dulu soal analisisnya. Ini membantu untuk mengarahkan jalan pikiran kita dalam membaca artikel tersebut. Hal ini juga dapat memberikan gambaran jawaban sewaktu kita membaca (sambil menyelam minum air)

3.       Baca artikel dengan konsentrasi tinggi (#halah), lakukan proses scanning (membaca cepat) saat ujian. Baca artikelnya minimal 2 kali untuk memudahkan kita memahami isi artikel itu.

4.       Jawab deh soalnya🙂. Kembangkan ide-ide kalian sekreatif mungkin. Kaitkan fakta dengan teori dan berikan alasan logis yang masuk akal.🙂

Itu aja sih mungkin tips dari ku…. Ada yang mau menambahkan???

2 thoughts on “Cara menganalisis suatu bacaan sosum

  1. nambahin dong, berdoa dulu dong sebelumnya, abis itu kalau udah ngerjain juga berdoa, trus sebelum ngumpulin jangan lupa dicek dulu takutnya ada yang salah tulis, salah gambar, salah menafsirkan, dan kesalahan kecil lainnya yang berakibat fatal. Jangan lupa tulisannya juga usahakan bagus jadi sejelek apapun analisis yang dibuat dosen masih terhibur dengan tulisan yang indah, ditambahin dikit nilainya, segitu deh yak capek!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s