Mengenal Sedikit tentang Alter Ego

Alter Ego (yang dalam bahawa latin berarti “Aku yang lain”) adalah diri kedua, personality kedua dalam diri seseorang, yang mana biasanya terlihat jelas dalam tingkah lakunya. Lebih ringkasnya Alter Ego adalah kepribadian ganda.

Alter ego describes characters in different works who are psychologically similar, or a fictional character whose behavior, speech or thoughts intentionally represent those of the author.

Alter ego juga dapat dijelaskan sebagai perilaku-perilaku yang berbeda yang ditunjukkan dalam situasi-situasi yang berbeda.

Kepribadian ganda terbentuk dari rasa traumatik masa kecil yang biasanya terjadi antara umur 4-6 tahun. Penderita menghibur diri sendiri dari sesuatu yang menyakitkan dengan menciptakan kepribadian lain buat menampung semua perasaannya. Dengan kata lain anak berusaha melindungi dirinya dari hal yang kurang mengenakan yang pernah dialami.

Sebuah makna yang berbeda untuk alter ego dapat ditemukan dalam analisis sastra, dimana ia menjelaskan karakter dalam karya-karya yang berbeda, yang secara psikologis semacam itu, atau karakter fiksi yang perilakunya, pembicaraan atau sengaja mewakili pikiran para penulis. Demikian pula, alter ego dapat diterapkan pada peran atau persona diambil oleh seorang aktor  atau dengan jenis lainnya berkinerja.

Alter ego juga digunakan untuk merujuk pada perilaku yang berbeda setiap orang dapat menampilkan dalam berbagai situasi. Terkait konsep termasuk avatar, Doppelgänger, peniru, dan kepribadian yang terbelah.

Istilah dan konsep Alter Ego ini juga sering muncul dalam fiksi populer, seperti dalam buku-buku komik, untuk identitas rahasia dari superhero, main hakim sendiri, atau crimefighter.
Alter Ego juga terkait konsep termasuk avatar, Doppelgänger, peniru, dan kepribadian yang terbelah.

Berikut contoh Alter Ego dalam dunia fiksi:

Berikut contoh Alter Ego dalam kehidupan nyata:

Awal mula ketertarikan saya pada topik seputar Alter Ego adalah setelah melihat sisi Alter Ego dari Caitlin Evanson (pemain fiddle di band nya Taylor Swift), Alter Ego nya diberi nama Eunice dan mereka TOTALLY DIFFERENT!!!!

Eunice as Caitlin Evanson's Alter Ego
Caitlin Evanson

See??? Dan Hal ini sangat menarik. Aku jadi penasaran, berapa kepribadian yang bisa dimiliki seorang manusia, dan bagaimana kita bisa tau bahwa kita memiliki Alter Ego yang lain????

Sepertinya memang perlu mengambil psikologi ini buat tahu detail lebih lanjutnya. ^^(nisa-kirei)

dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s