FIELD THEORY/LIFE SPACE DALAM PSIKOLOGI SOSIAL

Ada bermacam perspektif dalam psikologi social yang menyangkut tingkah laku manusia, salah satunya adalah perspektif kognitif atau cognitive perspective. Salah satu teori yang dikenal dalam cognitive perspective adalah Field Theory atau Life space (Teori Medan atau Ruang Hidup) yang dikemukakan oleh Kurt Lewin. Menurut teori ini, perilaku seseorang berkaitan dengan lingkungan/medan tempat ia berada. Teori ini merupakan kumpulan konsep di mana seseorang dapat menggambarkan kenyataan psikologis. Konsep-konsep ini harus luas agar dapat diterapkan dalam semua bentuk perilaku dan cukup spesifik untuk menggambarkan orang tertentu dalam situasi konkrit. Lewin beranggapan bahwa, semua aktivitas psikologis seperti berpikir, bertindak, bermimpi, berharap dan lainnya merupakan fungsi dari Ruang Hidup (Life Space). Orang dan lingkungan dilihat sebagai sebuah konstalasi yang saling berhubungan. Life space menyangkut masa lalu, masa kini dan masa depan, selama tiga aspek kehidupan dapat mempengaruhi perilaku di berbagai situasi yang berbeda.

Salah satu study Lewin yang terkenal adalah tentang gaya kepemimpinan, yang melihat akibat yang ditimbulkan dari gaya kepemimpinan demokrasi dan authoritarian terhadap produktivitas dan tingkah laku sekelompok anak lelaki. Pada lingkungan yang menggunakan gaya kepemimpinan yang authoritarian, maka dapat dilihat bahwa ada level frustasi yang tinggi serta tingkat agresivitas terhadap pemimpin dan memiliki ketergantungan terhadap pemimpin. Bila pemimpin ada, maka produktivitas akan tinggi; sementara bila pemimpin tidak ada, maka produktivitas rendah. Sementara itu gaya kepemimpinan yang demokratik justru memberikan kebahagiaan individual yang lebih besar, aktivitas berpikir group yang lebih tinggi, serta produktivitas yang lebih tinggi (terutama bila pemimpin ditak ada), dan agresivitas yang lebih rendah. Selain itu, Lewin menemukan bahwa cara yang efektif untuk mengubah kebiasaan adalah bila informasi diberikan melalui diskusi kelompok dan dan keputusan kelompok dapat memberikan pengaruh besar dan lebih efektif dibandingan dengan hanya memberikan arahan semata seperti mengkuliahi.

Studi Kasus

Pada era Orde Baru yang memiliki gaya kepemimpinan otoriter di mana penguasa berkuasa penuh mengatur segala yang ada di dalam negerinya, bahkan muncul ungkapan “asalkan bapak senang”, menyebabkan tekanan yang begitu besar terhadap masyarakat. Masyarakat takut menyatakan pendapat maupun aspirasi yang tidak bersesuaian dengan keinginan penguasa, peluang terjadinya perubahan sangat kecil bila tidak didukung dengan kemauan penguasa, kreativitas pun dibatasi. Untuk menyenangkan penguasa demi memperoleh derajat yang lebih tinggi, tidak jarang orang-orang melakukan praktek kotor bahkan merugikan orang lain.

Tidak hanya itu, lingkungan dengan kekuasaan yang otoriter semasa Orde Baru tersebut juga membuat Presiden yang menjabat sewaktu itu, Soeharto, diagung-agungkan. Alasannya bisa karena ketakutan akan mendapatkan hukuman bila melawan penguasa atau bisa juga karena keinginan untuk mendapatkan prestige yang tinggi di mata pemimpin serta kestabilan hidup sehingga enggan melakukan perubahan dalam pergantian kepemimpinan. Hal ini menyebabkan rezim Soeharto berkuasa penuh selama 32 tahun, dan bahkan keluarganya menguasai banyak aset Negara.

Berdasarkan Field Theory yang dinyatakan Kurt Lewin ini, dapat dilihat bagaimana lingkungan rezim Orde Baru yang otoriter dapat mempengaruhi perilaku masyarakat pada saat itu. Lingkungan yang menekan masyarakatnya untuk patuh dan tunduk terhadap penguasa menyebabkan rendahnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan (seperti penyaluran aspirasi mereka) saat itu. Bahkan menimbulkan ketergantungan terhadap penguasa sehingga masyarakat tidak mandiri, program pembangunan yang ada pun berorientasi top-down dan cenderung unsustainable karena tidak didukung oleh partisipasi masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s