Jerusalem, Kota Suci Tiga Agama

Jerusalem, nama yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebuah kota tua yang saat ini sedang diperebutkan oleh Israel dan Palestine. Kota ini diklaim sebagai ibukota Israel, meskipun tidak diakui secara internasional, maupun bagian dari Palestina. Secara de facto kota ini dikuasai oleh Israel. Kota historis Yerusalem adalah sebuah warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1981.

Jerusalem atau yang dikenal juga dengan nama Al-Quds atau The Holy Land ini merupakan kota yang suci bagi 3 agama terbesar di dunia yaitu Islam, Nasrani dan Yahudi. Hal ini disebabkan oleh adanya 3 tempat peribadatan suci dan bersejarah di Jerusalem. Di kota ini lah terdapat Mashid’l Al-Aqsha, The wailing walls, dan Gereja Makam Kudus yang masing-masing merupakan tempat peribadatana yang bernilai sejarah tinggi dari tiap agama tersebut.

Kota ini memiliki penduduk sebesar 724.000 jiwa dan luas 123 km2. Sepanjang sejarahnya, Yerusalem telah dihancurkan dua kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali, dan dikuasai/dikuasai ulang 44 kali. Sekarang Para elit Israel menganggap kota suci ini adalah bagian dari negaranya dan itu adalah bentuk ideologi “Zionisme“. Dari semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, hanya Kosta Rika dan El Salvador saja yang menempatkan kedutaan mereka di Yerusalem. Lainnya di Tel Aviv, karena menurut PBB, Yerusalem akan dijadikan Kota Internasional. Oleh orang-orang Palestina, Yerusalem juga dianggap sebagai ibu kota Palestina.

Bagi umat muslim, Al-Quds adalah kota suci ketiga setelah Makkah dan Medinah. Di kota yang menjadi akar konflik sengketa umat beragama inilah terdapat Masjidil Al-Aqsha yang terletak di Al-Haram asy-Syarif, Yerusalem Timur yang merupakan kiblat pertama umat muslim sebelum akhirnya berpindah ke ka’bah di Makkah. Di Masjidil Al-Aqsha ini pula lah Nabi Muhammad SAW melakukkan Isra Mi’raj., salah satu mukjizat Rasulullah SAW yang sangat terkenal dalam sejarah umat muslim. Dalam literatur Muslim (Al Quran Al-Karim ) dinyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW diangkat ke Sidratul Muntaha dari lokasi ini pada tahun 621 Masehi, menjadikan masjid ini sebagai tempat suci di Islam (lihat Isra’ Mi’raj.)
Masjid Al-Aqsa yang dulunya dikenal sebagai Baitul Maqdis, menjandi tempat Umat Muslim berkiblat selama Nabi Muhammad mengajarkan Islam di Mekkah (13 tahun) hingga 17 bulan setelah hijrah ke Medinah. Setelah itu kiblat shalat adalah Ka’bah di dalam Masjidil Haram, Mekkah hingga sekarang. Masjid Al-Aqsa yang ada saat ini adalah masjid yang dibangun secara permanen oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Kekhalifahan Umayyah (Dinasti Bani Umayyah) pada tahun 66 H dan selesai tahun 73 H. Agak berbeda dengan pengertian Masjid Al-Aqsa pada peristiwa Isra’ Mi’raj yaitu meliputi seluruh kawasan Al-Haram asy-Syarif.

Sementara itu bagi umat Nasrani Yerusalem adalah tempat permulaan kekristenan. Di Yerusalem Yesus Kristus disalibkan dan dibangkitkan dari antara orang mati. Juga di Yerusalem, Kristus yang dimuliakan mencurahkan Roh Kudus atas para murid-Nya pada hari Pentakosta. Dari kota itu amanat Injil Yesus Kristus menyebar “hingga ke ujung-ujung bumi”. Gereja di Yerusalem menjadi gereja induk dari semua gereja dan gereja pusat para rasul. Di Jerusalem ini pula terdapat sebuah bangunan yang sangat bersejarah yaitu Gereja Kelahiran atau Gereja Nativitas. Gereja Kelahiran atau Gereja Nativitas diBetlehem adalah salah satu dari gedung-gedung gereja tertua di dunia yang masih digunakan sebagai tempat peribadatan. Bangunan ini didirikan di atas gua yang menurut tradisi merupakan tempat lahir Kristus, dan dihormati sebagai tempat suci baik oleh umat Kristiani maupun oleh umat Islam.

Bagi umat yang beragama Yahudi terdapat bangunan bersejarah yang bernama tembok ratapan. Tembok Ratapan adalah tempat yang penting dan dianggap suci oleh orang Yahudi maupun Muslim. Ini adalah sisa dinding Bait Suci di Yerusalem yang dibangun oleh Raja Salomo (Sulaiman), putra Daud. Bait Suci itu hancur ketika Israel diserbu tentara Romawi pada tahun 70 Masehi.
Panjang tembok ini aslinya sekitar 485 meter, dan sekarang sisanya hanyalah 60 meter.
Orang Yahudi percaya bahwa tembok ini tidak ikut hancur sebab di situlah berdiam “Shekhinah” (kehadiran ilahi). Jadi, berdoa di situ sama artinya dengan berdoa kepada Tuhan. Tembok ini dulunya dikenal hanya sebagai Tembok Barat, tetapi kini disebut “Tembok Ratapan” karena di situ orang Yahudi berdoa dan meratapi dosa-dosa mereka dengan penuh penyesalan. Selain mengucapkan doa-doa mereka, orang Yahudi juga meletakkan doa mereka yang ditulis pada sepotong kertas yang disisipkan pada celah-celah dinding itu.
Dinding ini dibagi dua dengan sebuah pagar pemisah (mechitza) untuk memisahkan laki-laki dan perempuan. Orang Yahudi Ortodoks percaya bahwa mereka tidak boleh berdoa bersama-sama dengan kaum perempuan.

Bagi umat Muslim, dinding ini juga merupakan bagian dari dasar Masjidil Aqsa dan Masjidil Omar, serta diyakini sebagai gerbang tempat berangkatnya Nabi Muhammad s.a.w. dari Yerusalem ke surga (mi’raj) dengan mengendarai Buraq
Tembok Ratapan ini diperebutkan antara umat Yahudi dan Muslim di Yerusalem.
Ketika bagian Yerusalem ini berada di bawah kekuasaan Arab, orang Yahudi mengalami kesulitan untuk mengunjunginya dan berdoa di sana. Kini, di bawah kekuasaan Israel, umat Muslim maupun Yahudi dapat mengunjunginya, namun banyak orang Yahudi yang sangat mengharapkan dibangunnya kembali Bait Suci Salomo, dan itu berarti terlebih dulu menghancurkan kedua masjid di atas.

Mengingat betapa sakralnya kota ini bagi ketiga agama tersebut, tidak heran apabila perebutan kekuasaan, serta peperangan sering terjadi demi mendapatkan The Holly Land ini.(AA).

3 thoughts on “Jerusalem, Kota Suci Tiga Agama

  1. Alangkah baiknya apbl umat Yahudi bisa membangun dan mempunyai Bait Suci sendiri sbgmn dahulu kala ketika Nabi Sulaiman/Raja Salomo membangun Bait Suci yg sangat megah utk menempatkan Tabut Suci peninggalan keluarga Nabi Musa dan Nabi Harun. Dengan mempersembahkan korban2 domba dan lembu sbg korban sembelihan dan korban bakaran yg baunya harum menyenangkan TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub.
    Manakala umat Islam bisa tenang dan tdk kepanasan utk salat dan berdoa di dlm Masjid Al-Aqsha yg agung, dan umat Nasrani bisa khusyuk berdoa di Gereja Makam Kudus yg indah sejuk dan teduh, sedangkan bagi umat Yahudi berdoa di tempat yg panas krn tdk ada atap perlindungan dari terik matahari dan pasti akan basah kuyup dari air hujan krn belum dibangunnya sinagoga atau Bait Suci di Tembok Ratapan. Maka pembangunan Bait Suci Salomo ini sangatlah diperlukan saat ini demi ketenangan umat Yahudi dlm berdoa kpd Yang Maha Kudus Allah Israel.

    Oleh krn itu diperlukan aliran air yg bening/bersih/suci untuk membersihkan/mensucikan Roh/qalbu/ hati dari ketiga umat TUHAN ini : Yahudi – Nasrani – Islam dg tetap berpegang kpd Kitab Suci masing2 yakni Taurat – Injil – Alqur’an, agar kita semua bisa berdiri ataupun duduk dan bersujud serta memohon ampun kpd TUHAN Allah semesta alam, agar Dia mengasihi dan menyayangi kita semuanya.
    Biarlah Gunung Sion/Yerusalem menjadi Gunung yg suci dan diberkati serta dirahmati Allah Abraham dg banyaknya lembu2 dan domba2 yg akan dipersembahkan kpd TUHAN, dan bisa mengalirkan air susu yg bisa mengenyangkan bagi penduduknya. Sedangkan nyanyian mazmur, lagu2 pujian, nyanyian syukur, senandung ayat2/firman2 suci-Nya bagaikan aliran sungai madu yg bisa menyembuhkan penyakit hati di dlm dada, dan senandung Kitab Taurat-Nya bagaikan sungai khamr/anggur yg menyegarkan jiwa bagi yg meminumnya,……
    Bukankah ini semua adalah gambaran Yerusalem Sorgawi yg selalu kita nantikan kedatangannya bersama-sama. Puji Allah.

    1. Marilah sdr2ku dan teman2ku dari ketiga komunitas umat Tuhan ini (Yahudi – Kristen – Islam) yg diberkati dan dirahmati Allah, kita semarakkan kota suci bagi ketiga agama samawi/langit ini, agar kota yg suci ini menjadi ‘kota yg dicari’ krn banyak sekali para peziarah yg ingin mengunjunginya, menjadi ‘kota Tuhan’ krn di sinilah tempat kaki-Nya berjejak dan bertahta sbg Raja, menjadi ‘kota pujian’ krn di sinilah ketiga umat Tuhan ini selalu mendaraskan/melantunkan puji2an kpd-Nya, menjadi ‘kota pujaan’ krn di sinilah tempat kita semua makhluk-Nya dpt memuja-Nya, …… dll gelar/sebutan yg baik dan mulia utk kota Yerusalem yg suci dan mulia bagi ketiga umat Tuhan ini, …….

      Namun sayangnya kesucian kota ini telah kita kotori bersama dg perasaan rasa hati/qolbu/roh/jiwa yg sakit/jahat/degil/munafik: dendam,iri, dengki, sakit hati, tamak/serakah, merasa paling benar sendiri, pendusta, penghujat, pengutuk, pembunuh, pencuri/perampok/ pembegal,……. dll kegelapan/kejahatan hati/jiwa perumpamaannya bagaikan timbunan sampah yg ber-tumpuk2 dmn baunya sangat menyengat membuat kita mabuk dan pusing krnnya, mknya kita terjatuh terperosok terluka dan mati bagaikan tersandung kpd ‘Batu Sandungan’ yg ditaruh Tuhan di atas gunung puteri Sion/Yerusalem ini, ……..

      Mk marilah kita bersihkan/sehatkan hati/jiwa/roh kita ini dg hal2 yg baik/suci/kudus yakni: benar, adil, jujur, pendamai, penolong, pengasih, penyayang, pemaaf, mencintai semua makhluk, ….. dll kebajikan agar Tuhan Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, Allah semesta alam dan Allah semua makhluk ini mencintai dan menyayangi kita kembali shg tanah-Nya menjadi subur dan makmur krn adanya aliran air sungai yg jernih sebening hati kita, gunung-Nya bisa mengalirkan sungai susu krn banyaknya himpunan kambing domba lembu sapi yg akan dipersembahkan sbg korban sembelihan dan korban bakaran utk Tuhan, kebun2 anggur yg ber-susun2 bisa menghasilkan aliran sungai anggur yg bisa kita minum dan buahnya bisa kita makan, sedangkan sari bunganya bisa menghasilkan aliran sungai madu yg bisa dijadikan obat segala macam penyakit hati/rohani dan jasmani kita, …….. Sungguh sebenarnya inilah gambaran ‘Yerusalem Sorgawi’ yg diturunkan di muka bumi shg shekinah mawaddah warohmah ataupun aman damai tenang tenteram makmur sejahtera adanya di bumi Israel dan Palestina, ……..
      Amin – Puji Allah -Allah Maha Besar

  2. Sdr2ku dan, teman2ku teristimewa dari ketiga komunitas umat Tuhan (Yahudi – Kristen – Islam) yg diberkati dan dirahmati Allah, ……….. marilah kita kembali kepada-Nya dan memohon ampun serta mengaku bersalah krn kita telah menyakiti hati-Nya, dengan menyuburkan hati yg jahat/kotor/degil/munafik: dendam, iri, sakit hati, sombong/takabbur maunya merasa paling benar sendiri, shg jauhlah dunia ini dari damai sejahtera dan yg ada hanyalah pertikaian dan peperangan saja, …….. Mk marilah kita memohon belas kasih-Nya agar Dia Yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang kembali mengasihi dan menyayangi kita, …….. Karena firman-Nya: – “Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kpd-Nya selama Ia dekat! – Baiklah org fasik meninggalkan jalannya, dan org jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kpd TUHAN mk Dia akan mengasihaninya, dan kpd Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dg limpahnya. – Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, dmklah firman TUHAN. – Seperti tingginya langit dan bumi, dmklah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. – Sebab spt hujan dan salju turun dari langit dan tdk kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh2an, memberikan benih kpd penabur dan roti kpd org2 yg mau makan, – dmklah firman-Ku yg keluar dari mulut-Ku: ia tdk akan kembali kpd-Ku dengan sia2, tetapi ia akan melaksanakan apa yg Kukehendaki, dan akan berhasil dlm apa yg Kusuruhkan kpdnya. – Sungguh, kamu akan berangkat dg sukacita dan akan dihantarkan dg damai; gunung2 serta bukit2 akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon2an di padang akan bertepuk tangan. – Sbg ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar, dan sbg ganti kecubung akan tumbuh pohon murad, dan itu akan terjadi sbg kemasyhuran bagi TUHAN, sbg tanda abadi yg tdk akan lenyap”. (Yesaya 55:6-13) Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s